Jumat, 08 Februari 2008

13



13 Jurus Selamatkan bumi ala Valerina Daniel
December 18, 2007 at 7:05 am (Artikel)
Duta Lingkungan Indonesia, Valerina Daniel, punya 13 cara untuk menyelamatkan bumi. Cara yang cukup mudah ini sebaiknya dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tua-muda, aparat pemerintah-masyarakat, pengusaha-karyawan, bahkan sampai seorang pejabat sekalipun tidak ada salahnya kalau melakukan hal ini. Semua demi negara Indonesia, masa depan keturunan kita, warisan Indonesia untuk anak cucu kita nantinya.
Berikut ini 13 cara dari Valerina Daniel yang dipetik dari website UN Climate Change :
1. Mulailah dari diri sendiri (kalau kita sudah sadar, ajaklah orang lain untuk berbuat hal yang sama)
2. Hemat energi listrik (kalau ini biar bayar listriknya murah & kita bisa berhemat energi. Toh semua yang berlebihan itu akan mubazir dan berefek tidak baik)
3. Habis manis sepah didaur ulang (Maksudnya daur ulanglah sampah-sampah yang bisa di daur ulang, sampah hasil daur ulang masih punya nilai ekonomis lho)
4. Hemat BBM (Nah ini sih berarti naik angkutan umum lebih nikmat dari kendaraan pribadi. Kalau yang bawa kendaraan pribadi semakin berkurang, kemacetan juga bisa sedikittttttt berkurang)
5. Hemat air (Mandi sehari sekali aja hehe….^_^)
6. Hindari plastik (Kalau perlu pas belanja bawa plastik sendiri, soalnya plastik butuh waktu 1000 tahun buat diurai lho)
7. Daur ulang kertas & gunakan tissue secukupnya (Kertas & Tissue dibuat dari kayu, makin banyak dipakai berarti makin banyak pohon yang ditebang)
8. Back to nature (Jangan pake bahan kimia karena berbahaya bagi kesehatan)
9. Ayo tanam pohon dan berkebun (Jangan ngabisin luas tanah cuma buat bikin bangunan yang malah nguras kantong dan bikin banjir aja ^_^)
10. Piknik ke alam terbuka dapat menimbulkan kecintaan terhadap lingkungan
11. Bawa makanan dari rumah (Selain irit & lebih higienis, berarti kita juga mengurangi jumlah plastik pembungkus makanan)
12. Gunakan produk lokal yang ramah lingkungan. Pilih produk yang beremisi rendah dan hemat energi. Dengan mencintai produk dalam negeri, kita turut meningkatkan kemakmuran masyarakat. Asal jangan nambahin limbah aja deh…
13. Jadilah pejuang lingkungan. Jangan takut menegur orang yang membuang sampah sembarangan.
Ingat semuanya harus dimulai dari diri kita sendiri, kalau kita sudah melakukannya, tularkan kebiasaan kita pada orang lain. Masa depan bumi ini bergantung dari diri kita masing-masing. Walau yang kita lakukan sangat sederhana tapi kalau semua orang melakukannya, akan memberi efek yang besar bagi bumi ini.

(Saya post kembali agar kita selalu ingat, ingat Masa depan bumi! satu-satunya tempat kita berpijak kan)

Tidak ada komentar: